Cara Mudah Membersihkan Ruang Bakar Motor

Ruang pembakaran adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin kendaraan bermotor. Membersihkan ruang bakar motor penting dilakukan mengingat komponen yang ada didalamnya memainkan peranan yang sangat penting dalam mekanisme mesin.

Proses pembakaran merupakan sumber tenaga bagi kendaraan dan sempurna-tidaknya proses pembakaran sangat menentukan besar-kecilnya tenaga. Pasalnya, Komponen - komponen yang ada di dalam ruang bakar akan bergerak naik turun untuk melakukan langkah hisap, kompresi, pembakaran serta pembuangan.

Berikut adalah cara mudah membersihkan ruang bakar motor :

  1. Buka lubang busi
    Ini adalah tahapan awal yang dapat dilakukan sebelum memulai membersihkan ruang bakar motor.  
     
  2. Semprotkan cairan pembersih
    Langkah selanjutnya adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih yang dinamakan Rexco 81 Carb & Injector Cleaner ke dalam lubang busi
     
  3. Diamkan 5 - 10 menit
    Apabila sudah disemprot ke dalam lubang busi dan mengenai komponen di dalamnya, hal yang harus di lakukan setelahnya adalah menunggu selama 5 - 10 menit. Cairan pembersih membutuhkan waktu untuk merontokkan kerak yang ada pada ruang bakar. Dalam proses membersihkan ruang bakar motor ini, kandungan pada cairan Rexco 81 Carb & Injector Cleaner bereaksi membasmi kotoran pada ruang bakar.  Nilai plus dari Rexco 81 Carb & Injector Cleaner ini adalah kerak hasil reaksi akan berupa cairan. Jadi sangat aman untuk dinding silinder. Lantaran kalau reaksinya membuat kerak tetap berbentuk padat, maka bisa jadi menimbulkan masalah lain.
     
  4. Pasang kembali busi
    Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah dilakukan, maka pasang kembali busi. Pastikan busi terpasang dengan baik. Jangan lupa sambungkan lagi kepala busi ke busi, supaya aliran listrik dapat terhubung untuk menjalankan mesin.
     
  5. Kick starter/engkol
    Setelah 5 menit, nyalakan motor dengan menggunakan kick starter atau engkol, kemudian buka gas sampai kompresi tinggi sehingga membuat cairan dan kotoran menyembur keluar mesin. Jangan kaget kalau nantinya mesin akan terasa brebet dan keluar asap putih, itu karena hasil pembakaran dan sisa-sisa cairan pembersih yang masih berada pada ruang mesin. Jangan khawatir dengan kondisi tersebut, lama kelamaan ketika proses pembakaran menjadi normal lagi, asap putih tersebut akan hilang dengan sendirinya. Jadi langkah selanjutnya bisa kamu mainkan bukaan gas untuk membantu proses Membersihkan ruang bakar motor anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *